Memulai dari Limbah Industri Rumah Tangga Anda

Limbah industri rumah tangga merupakan limbah yang dihasilkan oleh penggunaan barang-barang konsumsi. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai limbah industri rumah tangga adalah pentingnya memisahkan sampah organik, anorganik, dan beracun. Sebagai contoh, sampah organik biasanya berupa sisa makanan seperti potongan sayur, buah, daging. Sedangkan sampah anorganik berupa plastik, logam, kaca, styrofoam. Sedangkan sampah beracun antara lain aki mobil, botol pestisida, obat kadaluarsa.

Dari ketiga jenis limbah industri rumah tangga ini, kecenderungan kita adalah mengumpulkan dan kemudian membakar atau membuangnya begitu saja. Sedangkan beberapa sampah dapat didaur ulang. Sampah-sampah organik bahkan dapat didekomposisasi dan dijadikan alat untuk menyuburkan tanah. Daur ulang sampah anorganik juga dapat menjadi solusi yang baik. Membakar apapun jenis sampah bukan opsi yang tepat untuk mengurangi pencemaran terhadap lingkungan. Maka langkah pertama Anda adalah memisahkan segala jenis sampah. Mengapa?

1. Memisah sampah merupakan sikap positif

Dengan memisahkan sampah berdasar jenisnya, Anda telah berkontribusi pada pengurangan pembakaran sampah yang menyebabkan polusi. Pengolahan limbah industri rumah tangga membutuhkan peran Anda dalam mengoptimalkan kerjanya. Karena dengan memisahkan sampah, Anda kembali memikirkan metode daur ulang yang tepat untuk sampah Anda.

2. Menguntungkan semua orang

Apa keuntungannya? Tentu saja jika Anda berhasil memanfaatkan sampah organik menjadi kompos dan pupuk, Anda dapat mengusahakan penghijauan di rumah Anda dan lingkungan perumahan Anda menjadi lebih nyaman. Jika Anda berhasil mengolah sampah anorganik, Anda menciptakan produk/barang baru yang bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

3. Kontribusi untuk pengolahan limbah negara

Jika tiap rumah tangga melakukan pemisahan sampah dan melakukan prosedur daur ulang sederhana, pengolahan limbah dalam lingkup nasional akan menjadi lebih terarah. Jumlah pembuangan di TPA bisa direduksi dan pemerintaha maupun sektor privat dapat berfokus pada limbah-limbah industri yang tidak bisa didaur ulang oleh rumah tangga.

Maka dari keuntungan tersebut, Anda dapat memberikan sedikit keahlian Anda untuk mengolah limbah industri rumah tangga Anda sendiri. Mulailah dengan memisahkan sampah dan Anda telah bergabung menjadi masyarakat peduli lingkungan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s