Langkah Pengolahan Limbah B3 Rumah Tangga

Limbah B3 tidak hanya ditemukan dalam limbah industri manufaktur, namun juga dalam limbah industri rumah tangga. Banyak peralatan rumah tangga yang Anda gunakan di pekarangan dan rumah dapat melukai orang lain bahkan makhluk hidup lain jika tidak dikelola dengan benar. Anda mungkin akan terkejut dengan produk di rumah Anda yang memiliki label “warning” (peringatan), “caution” (hati-hati), atau “poison” (beracun). Pada dasarnya, pembuangan peralatan rumah tangga dengan label-label tersebut ke tempat pembuangan sampah biasa sangatlah tidak dianjurkan.

Barang-barang seperti cat gambar, obat serangga, minyak goreng bekas pakai, aki, tiner dan peralatan dengan zat kimia berbahaya perlu mendapatkan treatment khusus. Pengolahan limbah B3 dalam rumah tangga tidak dapat disamakan dengan pengolahan limbah organik maupun anorganik lainnya.

1. Jika memungkinkan, simpan produk-produk tersebut dalam kontainer aslinya. Jika produk tidak memiliki label, Anda dapat memberikan label peringatan sendiri. Hal ini akan membantu Anda dalam pembuangan.

2. Jangan mencampur produk. Karena dengan mencampur produk Anda tidak akan pernah tahu reaksi berbahaya seperti apa yang dihasilkan.

3. Pastikan barang Anda tidak mengalami kebocoran. Jika kontainer bocor, amankan dengan memasukkannya ke kontainer sekunder anti-bocor.

4. Kemas kontainer-kontainer tersebut dalam sebuah kotak. 

5. Jangan masukkan kontainer ke dalam kantong plastik.

6. Amankan barang-barang tersebut di tempat yang aman, jauh dari anak-anak, hewan peliharaan dan api.

Beberapa langkah di atas merupakan langkah awal Anda untuk menjaga keamanan lingkungan rumah Anda dari limbah berbahaya. Melalui kesadaran akan pengelolaan limbah B3 yang tepat Anda dapat mengurangi resiko penyakit yang dapat ditimbulkan darinya. Dari kesadaran Anda, Anda dapat berkontribusi pada pengolahan limbah yang lebih baik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s