Limbah Industri Pangan, Limbah Merugikan

Melihat jumlah limbah industri pangan secara global, kita memang perlu khawatir. Jumlahnya yang jutaan ton tiap tahunnya mampu memberikan dampak yang sangat signifikan bagi ketahanan pangan di masa depan. Jutaan ton makanan dibuang namun jutaan orang di belahan dunia yang lain menderita kelaparan kronis. Lalu sebenarnya apa dampak yang kita rasakan dari jumlah limbah industri pangan yang besar ini?

Membuang uang secara harafiah

Di Amerika Serikat, 30% persen makanan yang dibuang berjumlah US$ 48.3 milyar setiap tahunnya. Pada level rumah tannga, 25% makanan (US$ 2.200) yang dibeli berakhir di tempat sampah, setiap tahunnya. Pembuangan makanan juga terjadi pada kategori makanan yang memiliki label kadaluarsa (berkaitan dengan isu keamanan makanan). Tidak hanya membuang makanan yang tidak terjual namun juga ada pengeluaran untuk membersihkan makanan-makanan tersebut.

Berkontribusi terhadap perubahan iklim

Ketika kelebihan makanan dibuang di tanah, sampah tersebut terdekomposis dan mampu menghasilkan gas metana yang 20 kali lebih efektif menangkap panas di atmosfer dibanding karbon dioksida. Tahun lalu, pembuangan limbah industri pangan di Amerika Serikat terhitung menghasilkan lebih dari 100 meter persegi ton metana yang berasal dari tanah. Di level Eropa, dampak gas metana sekitar 170 meter persegi ton karbon dioksida. Perhitungan ini termasuk semua langkah dalam daur hidup limbah industri pangan (agrikultural, prosesing makanan, transportasi, penyimpanan, konsumsi, dan dampak habis pakai).

Menghabiskan energi

Membuang makanan sama saja dengan membuang energi. Kalori dalam limbah makanan tidak pernah dikonsumsi dan energi yang digunakan untuk menghasilkan, memproses, mengemas, dan mendistribusikannya ke konsumen juga ikut terbuang. Tiap tahun, limbah industri pangan Amerika Serikat mewakili 350 juta barel minyak, tenaga yang cukup untuk menghidupkan satu negara selama satu minggu.

Melihat dampak yang dihasilkan dari membuang makanan, kita perlu melihat kembali bagaimana sehari-hari di rumah kita memperlakukan makanan. Limbah industri pangan bukan hanya terkait dengan pengolahan maupun pemanfaatan, namun inisiatif mengurangi jumlahnya juga membawa efek yang signifikan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s