Pentingnya Mengurangi Limbah Industri Tekstil

Limbah industri tekstil merupakan salah satu limbah yang banyak memenuhi tempat pembuangan akhir. Meskipun demikian limbah ini merupakan salah satu limbah yang paling mudah untuk dipakai ulang atau didaur ulang. Limbah industri tekstil di rumah biasanya berupa baju, celana, sabuk, sepatu, tas, seprai, handuk, tirai, dan lain-lain. Namun kita perlu memahami mengapa memakai lagi dan mendaur ulang pakaian kita merupakan hal yang penting.

Membantu Orang yang Membutuhkan
Untuk baju yang sudah lama namun masih pantas digunakan dapat disumbangkan untuk mereka yang lebih membutuhkan. Dengan menyeleksi beberap pakaian dan mendonasikannya, kita sudah membantu pengurangan limbah industri tekstil sekaligus membantu sesama.

Mengurangi Polusi Lingkungan
Limbah industri tekstil yang dibuang di tempat sampah langsung menuju TPA. Menumpuknya pakaian di tempat pembuangan sampah menghasilkan pembusukan yang sangat lama prosesnya dan akhirnya mencemari air maupun udara di lingkungan.

Menghemat Sumber Daya
Mendaur ulang pakaian yang masih pantas pakai dpat menurunkan jumlah sumber daya alam yang digunakan untuk memproduksi pakaian yang baru. Jika kita sudah tidak menyukai celana jins kita dan kemudian memberikannya ke orang lain untuk dipakai, maka akan berkurang eksploitasi tanah, air, dan tanaman kapas yang digunakan dalam produksi.

Dari beberapa hal di atas maka, mengurangi jumlah limbah industri tekstil mampu memberikan sumbangan besar bagi lingkungan yang lebih baik. Dimulai dari diri sendiri dan hidup secara sederhana dengan tidak membeli pakaian yang tidak akan digunakan merupakan langkah awal untuk menjaga udara dan air bersih. Permasalahan dalam daur ulang dan memakai lagi pakaian terletak pada kemauan. Karena terkadang orang merasa gengsi untuk memakai barang bekas. Padahal jika pintar memilih, membudidayakan, dan memanfaatkan, pakaian bekas juga dapat menjadi pakaian yang bagus untuk dipakai.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s