Selamat Datang di Pengolahan Limbah 101

Limbah dan pembangunan. Apa yang Anda tahu tentang kedua elemen yang sering kali tidak dipedulikan? Namun kesadaran masyarakat memang bukan diawali dari kepedulian murni. Semua berawal dari data dan fakta yang mengerikan. Pemerintah di negara berkembang menghasilkan milyaran dolar AS untuk mengolah limbah dan sampah yang selama ini dihasilkan oleh industri manufaktur. Sebagai masyarakat sipil, saya dan Anda juga bertanggung jawab di balik semua limbah dan sampah tersebut. Kita sebagai konsumen menciptakan permintaan, dan industri manufaktur memenuhi permintaan kita. Namun sering kali kita menjadi lupa, dampak apa yang kita munculkan dari permintaan kita sendiri.

Tanpa harus berteriak-teriak di depan pabrik ataupun Kementerian Lingkungan Hidup, melalui blog ini kita mau bersama membangun wacana, aksi, dan kepedulian terhadap lingkungan melalui pengolahan limbah sendiri. Karena melalui diri sendiri, kita bisa memberikan dampak yang meskipun kecil mampu mengubah lingkungan sekitar kita.

Pengolahan limbah juga bukan permasalahan industri besar. Industri dan konsumsi rumah tangga juga menghasilkan limbah-limbah yang sering kali tidak dipedulikan. Menurut statistik, industri rumah tangga saja menghasilkan 10 juta ton limbah padat per tahun. Jumlah yang besar ini perlu mendapatkan perhatian. Karena PBB memberikan estimasi meningkatnya jumlah sampah hingga 2 kali lipat hingga tahun 2025.

Tanpa ada kesinambungan visi dari pemerintah, pelaku bisnis, maupun masyarakat sipil, pengolahan limbah dan sampah tidak dapat diselesaikan secara kontinu. Sebagai bagian dari masyarakat dengan akses internet dan informasi yang tinggi kita perlu memanfaatkan fasilitas ini menciptakan suasana dan budaya yang pemerhati. Melalui hal sederhana hingga hal yang besar akan dikupas dalam blog ini untuk memberikan solusi-solusi praktis sekaligus pemahaman baru bagi para pembaca.

Maka, Selamat Datang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s