Berkontribusi dalam Pengolahan Air Sederhana

Membicarakan polusi, kita sering kali dihadapkan dengan beberapa kategori seperti polusi udara, tanah, dan juga air. Dalam post kali ini kita akan mencoba melihat polusi air yang dapat menyebabkan banyak masalah di dalam dan di sekitar rumah. Permasalahan utamanya biasa terjadi pada air minum, air kolam, dan air kolam renang. Pengolahan air yang tidak tepat menyebabkan beberapa sumber air dapat tercemar. Air minum, khususnya, dapat terkontaminasi dengan zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan dapat mengubah warna maupun bau air.

  1. Logam berat dari proses industri yang menumpuk di sungai maupun danau terdekat.
    Logam berat dapat mengontaminasi air bawah tanah yang kemudian berakhir di suplai air minum. Logam berat yang terkandung dalam air dapat memperlambat perkembangan, memberikan hasil yang buruk terhadap kelahiran, dan dapat mengakibatkan kanker karena kandungan karsinogen. Logam berat juga memberikan rasa dan bau yang tidak menyenangkan dalam air minum.
  2. Polutan mikrobial
    Polusi akibat polutan dalam bentuk bakteri merupakan permasalahan utama di negara-negara berkembang yang membawa penyakit seperti kolera dan typus.
  3. Hard-water
    Air jenis ini merupakan air yang mengandung kalsium dan magnesium dalam level yang tinggi. Air jenis dapat mengakibatkan erosi pada pipa air dan masalah penyumbatan.

Beberapa hal di atas merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan air di dalam rumah menjadi tidak layak lagi untuk digunakan. Maka kita perlu mengetahu beberapa pencegahan yang dapat membantu proses pengolahan air menjadi lebih bersih. Beberapa hal yang bisa kita kontribusikan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

РMenghemat air dengan menutup keran air jika tidak dibutuhkan. Langkah ini dapat  membantu mencegah kelangkaan air dan mengurangi konsumsi jumlah air yang sudah terkontaminasi

– Berhati-hati dalam membuang barang ke lubang toilet. Kita dapat menghindari membuang cat air atau minyak ke lubang toilet.

– Gunakan produk-produk rumah tangga yang ramah lingkungan

– Berhati-hati dalam menggunakan pestisida untuk menghindari zat pestisida mencemari sumber air

– Jangan membuang sampah ke sungai maupun laut

Dari hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari kita berkontribusi terhadap proses pengolahan air bersih. Dan akhirnya air bersih dapat dinikmati oleh semua orang di rumah masing-masing.

One thought on “Berkontribusi dalam Pengolahan Air Sederhana

  1. Pingback: Pengolahan Air: Tak Kenal Tak Sayang | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s