Pemanfaatan Limbah & Sampah di Tempat Kerja

Pengolahan dan pemanfaatan limbah sampah tidak hanya dilakukan dalam konteks industri manufaktur maupun rumah tangga. Kegiatan ini juga bisa Anda lakukan di tempat kerja Anda. Bersama dengan rekan sekerja, bos, maupun bawahan Anda, Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih hijau dan sehat. National Geographic memberikan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik:

Langkah 1
Tentukan seorang pegawai menjadi koordinator program daur ulang. Orang yang ditunjuk harus dapat memotivasi dirinya sendiri, mampu mengatur, dan memiliki semangat untuk menciptakan program yang mendukung kesehatan lingkungan. Koordinator program memiliki wewenang dalam mensosialisasikan program yang akan dilakukan dan mengatur segala persiapan daur ulang dan pemanfaatan limbah kantor. Inisiatif ini akan sangat didukung jika atasan Anda juga mendukung program ini.

Langkah 2
Kelilingi kantor dan identifikasikan sampah seperti apa yang dapat didaur ulang. Survei sederhana ini dapat didukung dengan pendataan seperti barang-barang apa saja yang dibuang oleh pegawai di tempat sampah. Anda mungkin akan menemukan beberapa barang seperti kertas, kaleng, gelas, dan papan tugas. Untuk barang seperti cartridge tinta dan peralatan elektronik, perlu Anda diskusikan dengan divisi manajemen pembuangan sampah kantor Anda.

Langkah 3
Letakkan tong-tong sampah di lokasi yang strategis. Usahakan Anda memberikan catatan di setiap tong sampah, sebagai contoh “Sampah Kertas”. Hal ini untuk memudahkan karyawan lain melakukan pemisahan sampah agar tidak tercampur dengan barang lainnya dan proses pemanfaatan limbah dapat dikembangkan dengan lebih mudah.

Langkah 4
Distribusikan guideline daur ulang ke semua pegawai. Usahakan kesederhanaan bahasa dan langkah-langkah yang Anda bagikan. Ciptakan sosialisasi yang paling mudah untuk diingat dan dilaksanakan oleh semua orang.

Langkah 5
Tentukan tanggal tiap bulan untuk melakukan proses daur ulang atau kapan sampah harus diangkat. Koordinator perlu menunjuk beberapa orang untuk membantu dalam pengangkutan dan usahakan agar sampah dari kantor didaur ulang dengan tepat.

Beberapa langkah di atas merupakan langkah sistematis dan organisasional yang dapat Anda lakukan di kantor. Tanpa perlu garis hirarki yang rumit Anda, bersama rekan kerja Anda, dapat berkontribusi dalam pemanfaatan limbah dan sampah dalam skala yang kecil dan sangat berarti. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s