Pengolahan Limbah Langkah Awal – REUSE

Manajemen pengolahan limbah tidak hanya dilakukan oleh industri-industri manufaktur. Di industri rumah tangga pun sampah sebagai limbah perlu mendapatkan treatment yang tepat. Karena kesalahan dalam pengolahan limbah rumah tangga berdampak pada kesehatan penghuni rumah dan lingkungan sekitar. Metode 3R (reuse, reduce, recycle) merupakan metode paling sederhana untuk turut terlibat dalam pengolahan limbah rumah tangga. Apa saja yang bisa Anda lakukan?

REUSE – menggunakan lagi barang-barang yang masih baik untuk dipakai

Menggunakan barang-barang yang masih bisa dipakai tentu jauh lebih baik dibanding Anda harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengambil barang baru. Beberapa barang yang bisa Anda gunakan lagi adalah :

  1. Kantong belanjaan. Gunakan kantong belanja yang tidak mudah rusak dan bisa dipakai berulang-ulang. Dengan menggunakan kantong yang lebih awet, seperti kantong kain misalnya, Anda dapat mengurangi penggunaan plastik juga.
  2. Amplop. Anda dapat menggunakan kembali amplop kertas yang sudah digunakan dengan menempel alamat baru yang Anda tulis/cetak di sebuah label.
  3. Menggunakan kontainer yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama untuk menyimpan barang. Kontainer dapat Anda ganti dengan kardus bekas misalnya. Anda tidak perlu membuang kardus pembungkus TV misalnya, namun Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang rumah Anda.
  4. Menggunakan halaman kertas yang masih bisa digunakan. Dengan menggunakan dua sisi kertas untuk beberapa hal yang berbeda Anda juga berhemat dalam penggunaan kertas. Jika sudah tidak bisa digunakan lagi, ingat untuk mendaur ulang.
  5. Baju yang sudah lama dapat Anda gunakan sebagai kain lap atau kain pel.

LANGKAH AWAL

Dengan menerapkan prinsip ‘pakai lagi’, Anda telah berkontribusi dalam langkah awal pengolahan limbah rumah tangga. Anda dapat meningkatkan kreativitas Anda yang lain. Sebagai contoh menggunakan kaleng bekas yang dimodifikasi sebagai tempat pensil. Anda juga dapat mengembangkan inovasi-inovasi baru di dalam rumah Anda untuk kehidupan lingkungan yang lebih baik. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s