Food Loss & Limbah Industri Makanan Asia

Dalam penanganan limbah industri, berbagi riset dan penelitian telah dilakukan salah satunya pada industri makanan. Salah satu badan di Australia (futuredirections.org.au) memberikan riset dan analisa yang mendalam mengenai limbah industri makanan (food loss and waste) di region seluruh dunia.

Di Asia, India merupakan contoh mengenai negara yang menangani food loss dan berorientasi pada infrastruktur. India sebagai negara industri yang sedang berkembang bahkan mengalami food loss dalam jumlah yang besar. Negara ini kehilangan 40% makanan karena kurangnya lemari pendingin, kerusakan elektrik dan jalan yang rusak. Jika dijumlahkan jumlah kehilangannya melebihi jumlah buah dan sayur dari konsumsi negara Inggris.

Dari fenomena tersebut, muncullah analisa-analisa mengenai penyebab mendasar dari manajemen limbah industri makanan dan food loss yang bermasalah. Beberapa pegawai dari Food Corporation of India pada tahun 2011 mengklaim bahwa ada kegagalan dalam manajemen top-down menjadi penyebab permasalahan hilangnya suplai sumber makanan. Tidak hanya di India, namun di Asia secara keseluruhan 37% beras menghilang dan tikus bertanggung jawab sebesar 5-10%. FAO menyatakan bahwa jumlah beras yang hilang dapat memberi makan 240 juta penduduk Indonesia selama 1 tahun penuh.

Penyebab permasalahan food loss di negara berkembang disebabkan oleh terbatasnya infrastruktur. Sebagai contoh investasi dan isu teknis yang berkelit di masa sebelum panen, kurangnya kompetensi manajerial, kurangnya tempat penyimpanan yang baik, pengemasan yang tidak tepat, atau jaringan transportasi yang tidak terkoordinasi.

Food loss dan manajemen limbah industri makanan yang tidak tepat mengakibatkan petani-petani di negara berkembang merasakan dampak negatif paling besar. Dari pemahaman ini, kita perlu melihat sejenak kondisi industri makanan baik skala nasional, regional, maupun internasional. Dengan pemahaman baru ini kita dapat sedikit mengetahui garis besar industri makanan dunia. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s