Pengolahan Limbah Langkah Awal – REDUCE

Bagian kedua dari metode 3R dalam pengolahan limbah adalah reduce. Mengurangi di sini diartikan mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan di rumah. Dengan menerapkan beberapa langkah yang tepat dan benar, Anda dapat berkontribusi dalam menurunkan kuantitas sampah yang dihasilkan. Dengan mengurangi, Anda juga menghemat anggaran maupun pengeluaran sehari-hari di rumah. Bagaimana caranya?

1. Membeli barang sesuai kebutuhan

Jika Anda berbelanja atau membeli kebutuhan Anda, pertimbangkan matang-matang apakah barang yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan membeli barang yang hanya digunakan sekali-kali dan usahakan membeli produk lokal.

2. Membeli barang yang bisa digunakan lagi

Jika Anda ingin membeli minuman, misalnya, coba untuk membeli botol gelas. Harganya lebih mahal, namun kemasannya dapat digunakan berkali-kali. Termasuk jika Anda ingin membeli baterai misalnya. Dengan membeli baterai yang bisa di-charge Anda mengurangi sampah baterai secara signifikan.

3. Menggunakan material alternatif untuk mengganti material beracun

Sebagai contoh Anda dapat mengunakan soda dan cuka maupun sari lemon sebagai cairan pembersih perabotan rumah tangga Anda.

Konteks dan prinsip reduce dalam pengolahan limbah juga berkaitan dengan bagaimana mengurangi energi agar tidak terlalu banyak energi yang digunakan sia-sia. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mematikan semua peralatan elektronik jika tidak digunakan. Dengan mematikan artinya Anda mencabut kabel dari kontak listrik. Karena jika masih terpasang, konsumsi listrik masih mengalir. Barang elektronik seperti pemutar DVD misalnya menghabiskan 7.54 watt dan TV 5.99 watt jika tidak dicabut dari kontak listrik (keadaan standby). Jumlah yang cukup besar jika setiap hari Anda tidak mencabut listrik DVD / TV Anda.   

Mengurangi energi dan limbah memang membutuhkan usaha lebih. Namun dari apa yang Anda lakukan, membawa dampak yang sangat besar untuk masa depan lingkungan Anda. Dengan melakukan hal-hal sederhana Anda memberikan sumbangsih yang besar terhadap pengolahan limbah yang lebih baik. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s