Pengolahan Air Sederhana di Rumah

Menggunakan air di rumah merupakan hal yang setiap hari kita lakukan. Untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mandi, maupun berbagai hal lainnya kita menggunakan air yang dapat diakses dengan sangat mudah. Namun sebagai bagian dari masyarakat dunia, kita perlu memahami bahwa masih banyak orang lain, bahkan di sekitar kita, yang tidak dapat menikmati air seperti kita menikmati air di rumah. Maka, kita pun perlu menyadari bahwa pengolahan air di rumah juga dapat membantu penghematan dan penyimpanan air bersih

1. Mematikan keran air jika tidak digunakan

Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapapun. Jika kran dibuka untuk mengisi bak air, maka segera matikan setelah bak penuh. Jika kran dibuka untuk kebutuhan mandi, usahakan jangan sampai air meluber ke luar bak tanpa digunakan. Hal ini juga termasuk mematikan kran ketika kita menggosok gigi. Karena 6 liter air terbuang jika dinyalakan secara satu menit tanpa digunakan.

2. Mengawasi penggunaan air

Sebagian besar pemakaian air di rumah digunakan di kamar mandi dan kadang-kadang tanpa pengawasan, penggunaan bisa menjadi salah guna. Dengan memasang meteran air, kita dapat mengawasi penggunaan kita sendiri dan juga dapat mengetahui jika terjadi kebocoran.

3. Mengurangi penyiraman

Pengolahan air di rumah juga dapat dilakukan dengan dengan mengurangi penyiraman pada toilet. Jika aktivitas di toilet sudah selesai, siram secukupnya hingga toilet bersih kembali. Jangan terlalu berlebihan menggunakan air dalam penyiraman.

4. Waktu mandi

Sebenarnya, menggunakan shower merupakan salah satu penghematan air. Namun dengan menggunakan waktu mandi secukupnya, kita mengurangi juga penggunaan air.

Dari beberapa cara mudah di atas, kita dapat berkontribusi pada pengolahan air untuk menghemat suplai air dalam kehidupan sehari-hari.

2 thoughts on “Pengolahan Air Sederhana di Rumah

  1. Pingback: Isu Dalam Perbaikan Pengolahan Air | Pengolahan Limbah 101

  2. Pingback: Isu Dalam Perbaikan Pengolahan Air | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s