PAMSIMAS: Pengolahan Air Berbasis Masyarakat

Pengolahan air dan akses terhadap air bersih maupun sanitasi merupakan tujuan dari Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), sebuah proyek yang diinisiatifkan oleh PBB ke semua negara anggota. MDGs di sini bertujuan untuk meningkatkan harkat hidup manusia dalam masyarakat menjadi lebih baik. Didukung dengan adopsi kebijakan serta semua elemen pemerintahan, salah satu tujuan MDGs adalah menyediakan/meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan akan air bersih.

Indonesia melalui PAMSIMAS

Kementerian Kesehatan Indonesia dengan didukung oleh Bank Dunia memulai tindakan nyatanya untuk mengurangi jumlah penduduk yang terbatas aksesnya terhadap air bersih. PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) merupakan salah satu program pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan dalam jangka panjang meningkatkan kesehatan masyarakat. Proyek ini memang secara resmi merupakan proyek pemerintah, namun dalam pelaksanaannya juga melibatkan komunitas masyarakat.

Proyek ini merupakan proyek yang tanggap akan kebutuhan masyarakat dalam pengolahan air bersih, di mana masyarakat juga diajak untuk mengelola dan memelihara. Dengan masyarakat yang ikut memelihara, ada rasa memiliki yang kuat terhadap kegiatan yang dilakukan dan juga pengelolaan dapat dilakukan secara sukarela. Dalam hal ini pemerintah sadar perlu ada pemberdayaan agar masyarakat berpartisipasi secara aktif. Terlibat dalam persiapan, pelaksanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan sarana yang dibangun merupakan cita-cita dari proyek ini.

PAMSIMAS dan Bank Dunia

Dari tahun 2006-2013, proyek PAMSIMAS menghabiskan US$ 275.10 juta dan Bank Dunia berkontribusi sebesar US$ 135.5 juta melalui kredit Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) dimana 92% dana telah didistribusikan. Sisa pendanaan juga dilakukan oleh berbagai partner pembangunan yang lain termasuk AusAID. Dari dana tersebut, PAMSIMAS berhasil melakukan berbagai pencapaian seperti:

  • 6.883 desa di seluruh Indonesia sudah dapat menikmati akses air bersih dan sanitasi yang lebih baik
  • Lebih dari 44.91% komunitas target telah bebas dari BAB sembarangan
  • Lebih dari 66.6% komunitas mengadopsi program cuci tangan

Pencapaian ini masih perlu dikembangkan di mana tiap orang berhak mendapat dampak positif dari pengolahan air yang benar berupa air bersih dan sanitasi. 

One thought on “PAMSIMAS: Pengolahan Air Berbasis Masyarakat

  1. Pingback: Pengolahan Air melalui Cleaner Production | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s