Inisiatif Penanganan Limbah Industri Pangan

Industri pangan dunia saat ini sedang mendapatkan perhatian dari PBB. Fenomena limbah industri pangan dan food loss menjadi isu yang saat ini sedang dikembangkan solusinya untuk meningkatkan ketahanan pangan. Dari definisi yang disediakan oleh PBB, food loss mengacu pada berkurangnya jumlah makanan-yang-dapat-dimakan dalam rantai makanan, secara spesifik mengacu pada makanan untuk konsumsi manusia.

Food loss biasanya terjadi pada tahap produksi, masa setelah panen, dan processing dalam rantai makanan. Pembuangan makanan yang terjadi pada rantai makanan terakhir lebih sering disebut “food waste” (sampah makanan) di mana berhubungan langsung dengan retailer dan konsumen.

Inisiatif Mengurangi Limbah Industri Pangan

Berangkat dari pengertian dan data statistik PBB, di mana lebih dari 1.3 miliar ton makanan di dunia terbuang percuma, PBB menjadi inisiatif dari kampanye pengurangan limbah industri pangan yaitu Think.Eat.Save. Kampanye ini menggunakan dua metode.

Metode pertama adalah metode down side yang dipahami bahwa sampah makanan adalah masalah masif global yang memiliki dampak negatif terjadap kemanusian, lingkungan, dan berimplikasi secara finansial. Metode kedua adalah metode up side dimana dengan perubahan sederhana dalam kebiasaan, kita dapat membawa perubahan paradigma.

Baik itu di negara berkembang maupun negara maju, kampanye ini menjadi pengingat baik untuk pemerintah, pelaku bisnis, maupun masyarakat sipil bahwa industri makanan tidak hanya persoalan produksi, proses, distribusi, pengolahan limbah. Industri pangan juga berhubungan dengan pemerataan distribusi, peningkatan akses terhadap makanan yang dapat dikonsumsi, yang semuanya berorientasi pada manusia di masa depan.

PBB melalui FAO dan bekerja sama dengan rekan lainnya, mencoba meningkatkan kesadaran masyarakat dunia mengenai limbah dan sampah makanan. Dengan menggunakan langkah-langkah mudah seperti pembelanjaan bahan makanan yang lebih bijak, masyarakat sipil dapat membantu menyimpan makanan agar terjadi pengurangan jumlah limbah industri pangan yang sering kali dibuang secara percuma,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s