Pengolahan Air melalui Pencegahan Polusi Air

Mengetahui bagaimana cara menghemat penggunaan air merupakan salah satu metode paling tepat guna untuk berkontirbusi pada pengolahan air yang lebih baik. Berangkat dari kesadaran akan kebutuhan air, kita perlu terus menanamkan budaya penghematan air di dalam rumah.

Namun selain menjaga air dalam kuantitas, pengolahan air juga berhubungan dengan penjagaan kualitas. Penjagaan kualitas dilakukan dengan cara mencegah terjadinya polusi air di tempat penyimpanan air sekitar rumah. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pencemaran air di rumah antara lain.

1. Mengurangi Penggunaan Deterjen

Jika menggunakan deterjen untuk mencuci baju, gunakan secukupnya sesuai dengan jumlah baju yang akan dicuci. Penggunaan deterjen yang berlebihan akan memberi dampak yang buruk bagi air di pembuangan. Kandungan zat kimianya di dalamnya dapat mencemarkan air jika digunakan secara berlebihan. Jika ingin menggunakan bahan alternatif, kita dapat menggunakan sabun organik untuk mengurangi kandungan kimiawi dalam air.

2. Menghindari Pembuangan Bahan Kimia melalui Saluran Air

Membuang alat pembersih maupun bahan-bahan kimia di rumah sering kali lewat dari pikiran kita. Padahal dengan membuang obat cair misalnya melalui saluran air, ada kemungkinan air tempat pembuangan akan tercemar. Maka dengan menghindarinya, kita dapat membantu pengurangan polusi air secara signifikan. Bahan kimia beracun memilki metode khusus dalam pembuangan.

3. Membuat Ruang Resapan Air

Apabila kita memliki halaman pekarangan rumah dan masih terdapat ruang terbuka, maka kita bisa mengusahakan untuk membuat sumur-sumur resapan air hujan sebanyak-banyaknya. Fungsi sumur resapan ini untuk mempercepat air meresap ke dalam tanah dan mencegah terjadinya banjir yang dapat mengotori sumber air.

Pengolahan air melalui pencegahan polusi merupakan salah satu preventif yang baik untuk menciptakan kualitas air yang lebih baik. Kualitas maupun kuantitas air perlu dijaga dengan baik agar di masa depan, kita tidak kesulitan mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. 

One thought on “Pengolahan Air melalui Pencegahan Polusi Air

  1. Pingback: Pentingnya Komunitas dalam Pengolahan Air | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s