Mengenal Limbah Industri Makanan Cepat Saji

Membahas limbah industri makanan dan food loss kita tidak dapat mengabaikan industri penyedia jasa makanan yang juga berkontribusi terhadap jumlah pembuangan makanan. Salah satunya adalah industri makanan cepat saji. Industri makanan cepat saja di Amerika Serikat merupakan salah satu industri penyumbang angka pada jumlah makanan. Limbah industri cepat saji tentu saja tergantung dari variasi tipe dan ukuran rantai industri. Dengan rantai yang lebih besar, jumlah limbah makanan terukur sekitar 5-7%, sedangkan di rantai yang lebih kecil pembuangan bisa mencapai 50%.  

Apa Permasalahannya?

Satu alasan mengapa makanan dapat terbuang di restoran cepat saji adalah karena pemikiran inti dari industri ini “Just In-Time Delivery”. Metode ini, digabungkan dengan pemanfaatan penyimpanan lokal dengan supplier lokal, menyebabkan berkurangnya fasilitas penyimpanan di toko. Problem yang muncul adalah para manajer perlu mengantisipasi permintaan konsumen yang berubah dan, untuk memastikan bahwa restoran tidak kehilangan suplai, mereka memesan bahan makanan yang lebih besar dari tempat penyimpanan mereka. Hasil akhirnya ada sebagian bahan makanan yang rusak dan harus dibuang. Hasil inilah yang menyebabkan jumlah limbah industri makanan cepat saji cukup tinggi.

Menurut Jonathan Bloom, penulis American Wasteland, isu lain yang ditemukan di permasalahan limbah industri restoran cepat saji adalah mereka sering kali menyiapkan beberapa item makanan yang tidak tahan lama. Waktu bertahannya tergantung dari jenisnya, namun ketika masa ‘segarnya’ sudah habis maka makanan langsung dibuang. Bloom, sebagai mantan pegawai McDonald, mendeskripsikan kentang goreng sebagai ‘ngengat dunia makanan;, karena, meskipun secara konsisten telah disiapkan sepanjang hari, tiap penggorengan hanya bertahan selama 7 menit sebelum dibuang begitu saja.

Dari pengetahuan tersebut, kita dapat sedikit memahami lebih jauh lagi mengenai sumber-sumber sampah makanan yang begitu banyak. Maka beberapa pihak pun mencoba melakukan inisiatif dan kampanye mengenai pengurangan limbah industri makanan cepat saji. Karena dampaknya bersifat sangat sistematis maka perlu ada perubahan dalam sistem pengolahannya sendiri. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s