Sistem Pengolahan Air Johkasou

Pengolahan air limbah di negara manapun membutuhkan teknologi yang tepat agar dapat produk limbah air yang dihasilkan tidak membahayakan lingkungan maupun manusia. Negara Jepang, seperti negara-negara lainnya juga memiliki, teknologi untuk mengolah air limbah yang diberi nama sistem Johkasou. Sistem ini diinisiasi oleh pemerintah Jepang pada tahun 1950-1970an menyadari adanya pertumbuhan ekonomi yang cepat dan masyarakat Jepang mencari gaya hidup yang lebih sejahtera dan terdapat peningkatan permintaan flush toilet. Sistem Johkasou dimaksudkan untuk proses pengolahan air limbah rumah tangga. Dan di akhir tahun 1980an pengolahan air limbah rumah tangga dapat dilakukan secara individual maupun secara kompleks dengan menggunakan johkasou.

Regulasi Sistem Johkasou

Teknologi pengolahan air limbah dengan menggunakan sistem Johkasou pun diatur oleh UU Jepang. Pada tahun 1983, pemerintah mengeluarkan kerangka hukum untuk meregulasi seluruh proses, sebagai contoh manufaktur, pemasangan, dan manajemen sistem johkasou dibawah satu hukum yang disebut Hukum Johkasou. Regulasi ini bertujuan juga untuk meredefinisi tanggung jawab dan tugas personel yang terlibat dalam bisnis johkasou dan untuk menghasilkan sistem sertifikasi bagi teknisi johkasou.

Pada tahun 2000, Hukum Johkasou direvisi dimana pada hukum tersebut disebutkan bahwa pemasangan johkasou harus memenuhi variasi gappeo-shori johkasou, yaitu tipe terbaru. Sistem Johkasou telah digunakan untuk memainkan peran yang sangat besar, tidak hanya untuk pengolahan air limbah domestik, namun juga untuk meningkatkan lingkungan nasional yang akuatik dan untuk merealisasikan perkembangan resirkulasi air.

Keuntungan Sistem Johkasou

  • Produksi johkasou merupakan produksi dalam jumlah besar, di mana harga johkasou dapat diakses oleh individu siapapun. Sebuah johkasou dalat dipasang di ruangan yang kecil dan tidak membutuhkan prosedur yang rumit seperti pengesahan lahan.
  • Pemasangan yang tidak rumit membuat instalasi johkasou berlangsung efektif dan tidak membutuhkan banyak waktu.
  • Berkontribusi untuk mempertahankan kualitas air di sungai-sungai kecil dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih.
  • Air yang telah diolah oleh Jokahsou lebih mudah untuk digunakan ulang.
  • Lebih tahan gempa dan bencana alam lainnya karena tidak menggunakan sistem pipa yang rumit.

 

One thought on “Sistem Pengolahan Air Johkasou

  1. Pingback: Politik Pengolahan Air Sungai Nil | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s