Tips Mengurangi Limbah Industri Pangan

Dalam permasalahan limbah industri pangan dan fenomena food loss, PBB melalui FAO mencanangkan inisiatif dan kampanye bernama Think.Eat.Save guna mengurangi kuantitas makanan yang terbuang tiap harinya. Kampanye ini bersifat holistik di mana kembali mengingatkan konsumen dan juga pelaku industri produksi makanan untuk mengurangi makanan yang dibuang. Pemahaman limbah industri pangan bukan saja permasalahan bisnis namun juga menjadi tanggung jawab konsumen. Maka itu kampanye ini pun memberikan beberapa tips yang dapat diaplikasikan secara mudah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pikir dulu sebelum berbelanja – Sepertiga dari kita sering kali berbelanja tanpa membawa daftar belanjaan.

  • Cek apa yang ada di rumah sebelum berbelanja.
  • Buat daftar untuk menghemat uang dan waktu.
  • Berbelanjalah dengan masakan di kepala, sehingga bisa memperkirakan jumlah bahan makanan yang akan dibeli.

2. Gunakan sebelum waktunya– 60% dari kita sering kali menciptakan limbah industri makanan karena lewat batas kadaluarsa.

  • Rencanakan masakan-masakan berdasar tanggal kadaluarsa, kita juga menghemat uang.
  • Kenali lemari penyimpanan dan awasi bahan makanan apa saja yang ada di dalamnya. Dengan melakukan ini kita dapat menghindari sampah yang tidak dibutuhkan.

3. Berteman dengan kulkas/lemari penyimpanan – 70% dari lemari penyimpanan dipasang pada suhu yang terlalu tinggi. Untuk makanan seperti susu, daging yang sudah dimasak, dan salad, kita perlu meletakkannya di kulkas dengan suhu sesuai pada kemasan. Jika terlalu tinggi makanan tersebut akan rusak.

4. Gunakan kembali sisa makanan – lebih dari setengah keluarga membuang makanan karena memasak terlalu banyak. Sisa masakan tersebut pada dasarnya dapat dibuat sekreatif mungkin sehingga dapat menghasilkan makanan baru dengan rasa & porsi yang bersahabat.

5. Beri makan kebun – 70% limbah industri rumah tangga berakhir di tempat pembuangan. Padahal dengan membuat kompos dari limbah organik domestik, kita memberi nutrisi pada tanah dan alam.

Dari tips-tips sederhana di atas, kita dapat berkontribusi pada pengurangan kuantitas limbah industri pangan. Selain menghemat uang kita juga ikut menjaga alam dan industri agrikultur dunia.

(diterjemahkan dan diedit dari http://www.thinkeatsave.org/index.php/top-tips-on-reducing-food-waste)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s