Minimalisasi Limbah Industri: Cleaner Production

Kuantitas dan kualitas limbah industri dinilai dapat menjadi ancaman yang berarti bagi kehidupan lingkungan. Berangkat dari perhatian, PBB melalui UNEP (United Nations on Environment Programme) dan UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) memiliki sebuah inisiatif bersama. Inisiatif ini dikenal dengan Cleaner Production (CP) yang mengutamakan pelaku industri untuk mengusahkan produksi barang ke arah yang lebih baik. Pada dasarnya mandat UNIDO adalah untuk mempromosikan dan mempercepat pembangunan industri berkelanjutan di negara berkembang.

CP merupakan strategi mencegah kerusakan lingkungan melalui peningkatan efisiensi proses, produk, dan jasa serta mengurangi risiko yang dapat membahayakan manusia dan lingkungan. CP sendiri menyediakn teknik tambahan yang dapat dipraktikkan untuk meminimalisasi limbah industri secara signifikan. Baik itu solusi tanpa biaya hingga solusi yang membutuhkan investasi tinggi serta teknologi yang lebih canggih, semuanya ditujukan untuk menciptakan lingkungan industri yang lebih baik. Beberapa hal dalam implementasi CP di negara berkembang adalah:

  • Good Housekeeping
    Penggunakan ketentuan dan metode yang tepat untuk menghindari kebocoran serta untuk mencapai operasi standar dan memelihara prosedur dan praktiknya.
  • Input Material Change
    Poin ini diimplementasikan dengan mengganti input bahan dasar beracun dan tidak dapat diperbarui dengan bahan dasar yang lebih ramah atau menggunakan material yang lebih tahan lama. Hal ini ditujukan untuk menekan kualitas limbah industri akhir.
  • Better Process Control dan Modifikasi Peralatan
    Dengan memodifikasi prosedur kerja, instruksi mesin, dan perekaman proses maka proses produksi dapat menjadi lebih efisien dan menunrunkan tingkat limbah industri dan emisi.
  • Technology Change
    Penggantian teknologi, rangkaian proses dan/atau jalur sintesis untuk meminimalisasi tingkat limbah industri dan emisi selama proses produksi.
  • On-Site Recovery/Reuse
    Menggunakan kembali materi yang terbuang di proses yang sama atau untuk aplikasi lain yang berguna.
  • Product Modification
    Modifikasi karakteristik produk untuk meminimaliasasi dampak pada lingkungan setelah produk digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s