Krisis Pengolahan Air Asia

Lebih dari setengah bumi ini mengandung air dan dengan jumlah populasi dunia yang semakin meningkat, tentu ada kebutuhan air yang lebih besar dan pengolahan air merupakan salah satu elemen yang penting. Salah satu sistem pengolahan air yang bermasalah adalah kawasan Asia di mana menurut koran Jakarta Globe menyatakan bahwa krisis air di Asia membutuhkan pembenahan secepatnya. Hal ini tentu didukung oleh fakta kondisi kuantitas dan kualitas air sekaligus kelemahan dalam pengolahan air.

Fakta Air Asia

Asia Pacific Water Forum Governing Council memberikan data bahwa 700 juta orang di Asia tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Mengingat sebagian besar wilayah Asia merupakan negara berkembang di mana eksploitasi air digunakan untuk pembangunan industri, pengolahan air bersih untuk tidak diutamakan dan diperhatikan dengan baik. Menurut Global Water Policy di Massachusetts, jumlah orang di Asia adalah 60% jumlah penduduk dunia namun suplai air yang diperbarui hanyalah sekitar 36%. Hal ini juga menimbulkan fenomena water stress di mana Sungai Kuning di Cina diperkirakan mengalami kekeringan sehingga sumber dayanya tidak dapat digunakan.

Pengolahan Air Asia sebagai Prioritas

Menurut ADB, krisis air yang terjadi di Asia bukan disebabkan oleh tubuh air itu sendiri. Kesalahan terletak pada pengolahan air dan manajemennya. Sebagai contoh, pemerintah setempat seharusnya mampu menjadi penyedia fasilitas air yang layak dan bukan sekedar regulator. Namun eksistensi praktik korupsi dan pemotongan pendanaan menyebabkan pengolahan air tidak dapat dilakukan dengan baik. Good governance means good water merupakan istilah yang seharusnya ditanamkan dalam mekanisme sehingga mampu menghasilkan kepemimpinan yang inspiratif dan pembuatan kebijakan yang kreatif.

Selain itu, perlu ada penghargaan yang rasional terhadap air. Fungsi dan kegunaan air sifatnya tidak tergantikan. Dan keberlanjutan kuantitas maupun kualitasnya perlu mendapatkan perhatian utama. Dengan menempatkan air sebagai sumber daya alam dan komoditas yang berharga, maka penanganan dan pengolahannya akan menjadi prioritas baik oleh pemerintah maupun masyarakat umum. Berangkat dari kesadaran itu, air akan digunakan dan diolah dengan baik. Karena cara paling mudah untuk menghemat air adalah dengan menggunakannya secara hati-hati. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s