Limbah Industri Pertanian Biomasa

Pertanian/agrikultur merupakan salah satu industri tua yang telah hadir sejak peradaban manusia dimulai. Peradaban manusia yang semakin modern memberikan dampak pada industri ini khususnya dalam penggunaan mesin dan alat berat untuk pemupukan, tempat penyimpanan yang semakin canggih, dan atau sistem industri yang semakin terintegrasi. Pertanian berubah menjadi industri masif yang tidak kalah penting dari industri manufaktur. Melihat hal tersebut, kita tidak dapat mengabaikan penciptaan limbah industri pertanian yang juga dihasilkan. Pengolahan sumber daya alam tidak membuat industri pertanian lepas dari permasalahan limbah yang membutuhkan manajemen strategis.

UNEP Melihat Biomasa

Melihat jenis limbah industri pertanian, UNEP mencoba melihat peluang besar yang dapat dimanfaatkan. Salah satu limbah industri pertanian yang dihasilkan adalah biomasa yang banyak dihasilkan oleh kayu, hasil panen, dan kotoran binatang. Secara global 140 milyar ton meter persegi biomas dihasilkan tiap tahunnya dari industri pertanian. Volume biomasa sebesar ini ternyata berpotensi untuk diubah menjadi sejumlah energi dan material mentah  yang setara dengan kurang lebih 50 milyar ton minyak.

Limbah industri pertanian biomasa dapat mengganti bahan bakar fosil, mengurangi emisi gas rumah kaca dan mampu menyediakan energi yang dapat diperbarui bagi 1.6 milyar masyarakat di negara berkembang yang masih kesulitan mendapat akses listrik. Dan sebagi material mentah, limbah biomasa dapat menarik potensi industri skala besar dan perusahaan level komunitas.

Biomasa Bagian Kampanye Lingkungan

Dengan munculnya kampanye global untuk mencegah efek perubahan iklim, negara-negara mencari sumber energi alternatif yang dapat meminimalisasi emisi gas rumah kaca. Terlepas dari netralitas karbon, penggunaan biomasa menjadi energi dapat mengurangi ketergantungan manusia dalam mengonsumsi bahan bakar fosil, dan akhirnya mampu berkontribusi pada ketahanan energi dan mitigasi perubahan iklim.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan limbah industri pertanian biomasa. Biomasa dapat diperbarui dan memiliki suplai yang cenderung stabil, terutama jika diproduksi dari aktivitas pertanian. Seiring dengan meningkatnya perdebatan mengenai makanan versus bahan bakar, biomasa dapat memberikan pemasukan tambahan bagi petani tanpa mengkompromikan produksi pangan utama maupun panen non-makanan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s