Green Shopping

Green shopping merupakan salah satu kampanye yang dilakukan oleh Amerika Serikat dengan menganjurkan kepada warganya untuk semakin bijak dalam berbelanja. Kampanye ini dilakukan oleh pemerintah untuk menekan jumlah limbah industri rumah tangga yang dihasilkan melalui kegiatan rutin belanja.

Dalam kampanye ini ada beberapa poin yang sangat ditekankan seperti bagaimana masyarakat perlu mengedukasi dirinya sendiri mengenai produk yang akan dibeli. Atau tidak membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Namun ada beberapa hal langkah paling awal untuk memulai green shopping.

Ganti Plastik Belanjaan 

Salah satu limbah industri rumah tangga yang paling besar jumlahnya adalah kantong plastik belanja. Apalagi dengan jumlah belanjaan yang besar, kantong plastik pun semakin banyak. Alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti plastik belanjaan dengan tas kain berukuran besar. Tiap belanja, bawalah tas kain tersebut dan minta kepada kasir untuk tidak menggunakan plastik. Bawa belanjaan dengan tas kain tersebut. Dan jika hal ini dilakukan rutin, kita dapat mengurangi jumlah sampah plastik secara signifikan.

Beli Produk dengan Durabilitas Tinggi

Sebagai contoh kita ingin membeli ember plastik, carilah ember plastik dengan kualitas plastik yang terbaik. Jangan membeli ember dengan plastik tipis karena dapat dipastikan akan cepat rusak dan kita harus membuangnya begitu saja. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, tapi daya tahannya lebih lama pula. Akhirnya kita pun bisa menghemat pengeluaran dan mengurangi limbah industri rumah tangga.

Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Langkah ini terkesan klise, tapi memang begitulah kenyataannya. Dengan membeli barang sesuai kebutuhan kita menghemat pengeluaran dan juga mengurangi jumlah barang yang pada akhirnya terbuang sia-sia. Angka limbah industri rumah tangga, khususnya produk makanan kemasan, dinilai paling tinggi. Sering kali karena kita lupa melihat tanggal kadaluarsa atau ternyata kita tidak mengenali produk yang sembarang dibeli. Maka dari itu perlu ada inisiatif untuk menghemat dengan membeli sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s