Pengolahan Limbah Kuno

Mengenal pengolahan limbah, baik itu limbah industri manufaktur maupun limbah rumah tangga, memang membuka wawasan dan akhirnya mampu membuat kita memahami betapa pentingnya proses tersebut. Namun kita akan menarik sedikit ke periode lama di mana inisiatif pengolahan limbah untuk pertama kali dicanangkan.

Suku Maya

Suku Maya merupakan salah satu suku dengan peradaban Mesoamerika yang tinggal di wilayah Amerika Tengah. Suku Maya dikenal dengan peradabannya yang cukup maju dan peninggalannya yang masih bisa dirasakan hingga saat ini. Berkaitan dengan pengolahan limbah, suku Maya telah melakukan aktivitas ini dengan pembakaran. Setiap rumah akan mengangkut sampah ke pembuangan lokal dan tiap bulannya akan ada pembakaran yang dilakukan.

Beberapa metode lain adalah dengan menumpuk sampah, setelah tumpukannya meninggi, suku Maya akan menutupnya dengan tanah dan arkeologi menyatakan bahwa situs peradaban Maya menunjukkan adanya tingkat konsumsi yang tinggi dan sistem pengolahan limbah yang tidak baik.

Limbah Kuno

Pada zaman sebelum industrialisasi, sebagian limbah adalah debu api, kayu, tulang, tubuh, dan sayuran. Pengolahan limbah tersebut di tanah tidak mengkhawatirkan karena limbah tersebut cepat membusuk dan akhirnya bercampur dengan tanah. Dilihat secara arkeologi jumlah peralatan rusak dan materi tanah liat yang dibuang tempat pembuangan limbah kuno memiliki jumlah yang kecil. Semua barang rusak sedapat mungkin diperbaiki atau digunakan kembali. Populasi juga lebih kecil dan orang-orang hidup di kelompok konsentrasi yang lebih kecil.

Namun kemudian dengan adanya sistem urbanisasi dan perkembangan manusia meningkat, ruang untuk pembuangan pun meningkat. Akhirnya masyarakat pun mulai mengembangkan kebutuhan akan sistem pembuangan limbah. Kreta, Athena, dan Roma sebagai kota-kota pertama dunia menjadi contoh dari peradaban kuno yang menginstitusikan prosedur pengolahan limbah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s