Pengolahan Limbah Industri Cair: Trickling Filter

Mengenal limbah industri secara spesifik terkadang sangatlah rumit, karena pada dasarnya limbah industri di level praktik melibatkan berbagai unsur-unsur kimia, fisika, dan biologis yang membutuhkan ilmu pengetahuan eksakta untuk menangani. Tapi mari kita coba mengenal salah satu metode dalam pengolahan limbah industri cair yang bernama trickling filter.

Pada dasarnya sistem trickling filter merupakan metode untuk menyaring air limbah. Prinsipnya adalah trickling filter terdiri atas tumpukan media padat yang memiliki kedalam sekitar 2 meter dan biasanya berbentuk silinder.

Limbah industri cair disebarkan ke permukaan media bagian atas dan kemudian air akan menetes ke bawah melalui lapisan media. Prinsip ini pada dasarnya menggunakan prinsip penyaringan dasar dimana mikroorganisme yang ditumbuh kembangkan pada media akan menyerap polutan dalam limbah cair.

Setelah mencapai ketebalan tertentu, lapisan tersebut akan terbawa aliran limbah industri cair ke bagian bawah. Limbah cair di bagian bawah kemudian akan dialirkan ke tangki sedimentasi untuk kemudian memisahkan lapisan biomassa tersebut. 

Sistem ini memiliki kelebihan karena prinsip dasarnya yang sederhana. Untuk pengolahan limbah industri cair, sistem ini relatif mudah. Namun sistem ini membutuhkan klarifier yang berlapis dan juga ada potensi terjadi penyumbatan pada media filter oleh benda berukuran besar (plastik, kayu, daun) terutama jika sistem tidak dilengkapi fasilitas penyaringan kasar.

Dengan memahami prinsip dasar trickling filter kita dapat memahami salah satu metode pengolahan limbah industri cair secara lebih spesifik. Pada dasarnya terdapat berbagai metode yang bisa dilakukan seperti sistem lumpur aktif, sequencing batch reactor, kolam oksidasi, rotating biological disk, dan lain-lain. Namun trickling filter merupakan salah satu metode yang paling mudah untuk dipahami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s