Kerangka Hirarki Pengolahan Limbah

Dalam sistem pengolahan limbah, baik negara maupun pelaku industri memiliki kebijakan dan pilihannya sendiri dalam memutuskan metode apa yang harus digunakan. Sektor pengolahan limbah tentunya mengikuti kesepakatan umum mengenai hirarki.

Penggunaan hirarki pengolahan limbah muncul pada awal tahun 1970-an dan hingga saat ini masih digunakan dan dikembangkan secara luas. Hirarki tersebut dimulai dengan 3R – reduce, reuse, recycle – namun ada tambah R keempat, recovery. Hirarki ini tentunya merupakan respon akan pertimbangan finansial, lingkungan, sosial, dan manajemen. Dan tentunya hirarki pengolahan limbah perlu mendukung minimalisasi emisi gas rumah kaca.

Waste Reduction

Inisiatif pengurahan limbah (termasuk pencegahan, minimalisasi, dan penggunaan ulang) bertujuan untuk mengurangi kuantitas generasi limbah dengan mendesain ulang produk atau mengubah produksi serta konsumsi. Metode pengolahan limbah memiliki dua keuntungan besar terhadap reduksi gas rumah kaca. Pertama, emisi yang berhubungan dengan material dan produk manufaktur dapat dihindari. Kedua, mengeliminasi segala sesuatu yang berhubungan dengan emisi dan akhirnya dapat menghindari aktivitas pengolahan limbah yang tidak diinginkan.

Recycling and Material Recoveries

Salah satu keuntungan dari mendaur ulang dan memperbaiki limbah adalah mengurangi kuantitas limbah yang dibuang dan mengembalikan material secara ekonomi. Emisi gas rumah kaca muncul dari karbon dioksida yang dihasilkan dari konsumsi listrik untuk operasi fasilitas perbaikan material. Maka penggunaan daur ulang informal limbah (seperti mencanangkan daur ulang rumah tangga) akan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Aerobic Composting and Anaerobic Digestion

Pembusukan dengan menggunakan ruang terbuka merupakan operasi pembusukan anaerobik (dengan oksigen) yang menghindari terbentuknya formasi metan. Menggunakan proses penguraian anaerobik, sampah organik akan diolah di tempat tertutup. Proses ini sering kali dikaitkan dengan fasilitas pengolahan limbah air. Berbicara secara umum, proses pembusukan merupakan salah satu metode yang tidak terlalu kompleks, dapat diterima, dan tidak menghabiskan banyak pengeluaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s