Prinsip Operasional Pengolahan Air USAID

Kebijakan pengolahan air yang diusahakan oleh negara merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mendukung perbaikan dalam sistem pengolahan air. Dalam prosedur operasional pengolahan air pun lembaga internasional seperti USAID menerapkan beberapa kerangka kebijakan yang harus dilaksanakan.

Mendukung Negara Setempat

USAID perlu menyesuaikan dirinya dengan jalur pembangunan negara dan tentunya menurut prinsip negara tersebut. Program-program pengolahan air perlu mendukung negara dan institusi agar dapat mempromosikan kebijakan dan program-program air yang telah dilakukan di negara tersebut. Investasi USAID perlu dibangun menurut usaha, kajian, dan program yang telah dilaksanakan oleh negara partner dan/atau donor lain.

Banyak negara telah berusaha mengambil tanggung jawab dalam manajemen sumber daya alam, perencanaan penggunaan lahan, serta layanan akses air dan sanitasi. Namun karena kurangnya perhatian terhadap informasi-informasi tersebut, ada pembiaran dan ketidapkedulian yang muncul dari populasi terhadap layanan dari administrasi negara. Di waktu yang sama juga, tantangan solusi pengolahan air juga perlu didiskusikan dan dicanangkan pada level multinasional atau lintas batas.

Membangun dalam Keberlanjutan

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang juga mendukung ketahanan kesehatan dan pangan yang menjadi tujuan pembangunan jangka panjang. Secara global, komunitas air bergerak dari fokus sederhana yaitu mendukung akses suplai air ke pertimbangan yang lebih dalam yaitu meyakinkan bahwa akses tersebut dapat berlangsung dalam waktu yang lama.

Pemahaman sederhananya bahwa keberlanjutan sistem pengolahan air yang tepat akan mempengaruhi proses sistem irigasi yang lebih dan akhirnya mempengaruhi keberlanjutan sistem agrikultur. Dan sistem agrikultur merupakan kunci jangka panjang menuju ketahanan pangan. Maka pilar dari program sistem pengolahan air termasuk: manajemen sumber daya air yang terintegrasi, sound governance, dan partisipasi warga negara.

 

One thought on “Prinsip Operasional Pengolahan Air USAID

  1. Pingback: Pengolahan Air dalam Industri | Kenal Pengolahan Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s